Sabtu, 09 April 2011

Kurikulum Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Administrasi Kesehatan Masyarakat

Biostatistik

Epidemiologi

Etika dan Hukum Kesehatan

Ekonomi Kesehatan

Kebijakan Kesehatan

Metode Penelitian Adm. dan Kebijakan Kesehatan

Analisis Kebijakan Kesehatan

Pembiayaan Kesehatan

Manajemen Sumberdaya Manusia Kesehatan

Sistem Informasi Kesehatan

Manajemen Perbekalan Kesehatan

Seminar Proposal/Kolokium

Manajemen Strategis Pelayanan Kesehatan


Perencanaan Kesehatan Daerah

Seminar Tesis


Ujian Tesis


Adapun deskripsi ringkas mata ajaran, adalah sebagai berikut:

AKK 500 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Mata kuliah ini membahas tentang konsep, prinsip kesehatan masyarakat, meliputi batasan dan ruang lingkup kesehatan masyarakat, sistem kesehatan nasional, subsistem pelayanan kesehatan, subsistem pembiayaan kesehatan, upaya kesehatan, organisasi kesehatan masyarakat. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami ruang lingkup ilmu kesehatan masyarakat sebagai induk AKK.

AKK 501 Administrasi Kesehatan Masyarakat

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah perkembangan, konsep dan prinsip atau fungsi administrasi/manajemen kesehatan; dan pengantar bidang Kebijakan kesehatan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan menguasai dasar-dasar AKK.

AKK 502 Biostatistik

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan metode atau teknik statistik untuk kepentingan AKK, khususnya untuk manajemen data dan analisis data kesehatan untuk AKK. Materi yang perlu dibahas (antara lain) statistik deskriptif dan inferensial sesuai skala pengukuran data (nominal, ordinal, interval, dan rasio). Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menerapkan prinsip dan metode atau teknik statistik untuk bidang AKK.

AKK 503 Epidemiologi

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan metode epidemilogi serta epidemiologi perilaku yang dapat menjadi input bidang AKK dalam rangka menanggulangi masalah kesehatan masyarakat. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan prinsip dan metode epidemilogi dalam bidang AKK.

AKK 504 Etika dan Hukum Kesehatan

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip etika dalam bidang kesehatan sesuai dengan hukum kesehatan yang berlaku. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan memanfaatkannya untuk bidang AKK.

AKK 505 Ekonomi Kesehatan

Mata kuliah ini membahas berbagai konsep ekonomi dan penerapannya pada bidang kesehatan; hubungan pembangunan ekonomi dan pembangunan kesehatan; dan analisa sistem pembiayaan kesehatan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu ekonomi dalam menelaah masalah kesehatan masyarakat untuk AKK.

AKK 506 Metode Penelitian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Mata kuliah ini membahas metode penelitian yang digunakan dalam memecahkan masalah pada fokus dan lokus Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, meliputi: penyusunan latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian, landasan teori dan kerangka konsep, jenis penelitian, populasi dan sampel, metode pengumpulan data, definisi operasional, aspek pengukuran, teknik analisis data, hasil penelitian dan pembahasan, serta kesimpulan dan Saran. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan metode penelitian untuk penelitian ilmiah dan terapan bidang AKK.

AKK 507 Analisis Kebijakan Kesehatan

Mata kuliah ini membahas tentang tata cara analisis kebijakan publik, khususnya kebijakan kesehatan; mulai dari perumusan masalah kebijakan, tujuan, pendekatan analisis kebijakan, argumen kebijakan, bentuk analisis kebijakan, faktor yang berpengaruh terhadap kebijakan, serta penarikan kesimpulan dan penyusunan rekomendasi kebijakan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan analisis kebijakan kesehatan secara komprehensif.

AKK 508 Pembiayaan Kesehatan

Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkup pembiayaan kesehatan, sumber dan macam biaya kesehatan, syarat dan masalah pokok serta upaya penyelesaian, tarif pelayanan dan asuransi kesehatan. Setelah mengikuti mata kuliah mahasiswa dapat memahami berbagai aspek yang terkait dengan pembiayaan kesehatan.

AKK 509 Manajemen Sumberdaya Manusia Kesehatan

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip manajemen sumber daya manusia dalam organisasi kesehatan meliputi : perencanaan (rekrutmen, seleksi, pengembangan karir); pemanfaatan (promosi, appraisal, transfers, kompensasi) ; dan pengembangan sumber daya manusia (pendidikan, pelatihan); kinerja, motivasi, dan kepemimpinan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami kepentingan manajemen sumberdaya dalam bidang AKK.

AKK 510 Sistem Informasi Kesehatan

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip dan metode dalam sistem informasi kesehatan, meliputi keadaan, masalah, kebijaksanaan, langkah-langkah dan pokok-pokok kegiatan pemantapan dan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di Indonesia, survey kesehatan, indikator kesehatan, profil kesehatan, sistem informasi geografi, pengendalian dan pengembangan sistem informasi. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami fungsi SIK bidang AKK.

AKK 511 Manajemen Perbekalan Kesehatan

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip manajemen yang diterapkan dalam perbekalan kesehatan, mulai dari perencanaan hingga pengawasan perbekalan kesehatan dalam upaya mencapai integrasi yang berimbang seluruh komponen logistik kesehatan seperti sediaan farmasi, alat kesehatan dan perbekalan lainnya dengan memperhatikan pemenuhan kebutuhan, manfaat dan faktor yang terkait dengan pemerataan penyediaan perbekalan kesehatan. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat memahami fungsi manajamen perbekalan dalam bidang AKK.

AKK 512 Kebijakan Kesehatan

Mata Kuliah ini membahas tentang seluk beluk kebijakan kesehatan dan kebijakan publik yang terkait dengan bidang kesehatan, dimulai dari pembahasan tentang pengertian dan sejarah perkembangan kebijakan kesehatan, jenis dan pendekatan kebijakan, tujuan, manfaat, implementasi atau pelaksanaan kebijakan, kebijakan publik yang terkait dengan kesehatan, output dalam bidang kesehatan, serta umpan balik untuk kebijakan kesehatan di masa depan. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat memahami kebijakan kesehatan dan kebijakan publik yang terkait dengan kesehatan.

AKK 600 Manajemen Strategis Pelayanan Kesehatan

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip manajemen strategis dalam pelayanan kesehatan, meliputi penyusunan visi, misi, nilai, strategi, sasaran, tujuan, analisis SWOT, penyusunan rencana strategis, proses pengambilan keputusan, dan pelaksanaan manajemen strategis di bidang pelayanan kesehatan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun rencana strategis dalam upaya memecahkan masalah di bidang AKK.

AKK 601 Perencanaan Kesehatan Daerah

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan proses perencanaan kesehatan di daerah, mulai dari analisis situasi hingga penyusunan evaluasi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerah. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun perencanaan kesehatan di daerah dalam upaya memecahkan masalah di bidang AKK.

SPs 601 Seminar Proposal/Kolokium

Mata kuliah ini membahas proporsal penelitian untuk penulisan tesis, yang disusun oleh mahasiswa dengan bimbingan tim pembimbing, dengan tujuan memberi penilaian dan masukan bagi penyempurnaan proposal penelitian untuk penulisan tesis.

SPs 690 Seminar Tesis

Mata kuliah ini membahas naskah tesis yang bersumber dari hasil penelitian ilmiah, yang disusun oleh mahasiswa dengan bimbingan tim pembimbing, dengan tujuan meningkatkan kualitas naskah tesis dam pemahaman mahasiswa tentang substansi naskah tesis. Komponen yang dibahas, meliputi : (1) Isi dan Bobot Tesis, mencakup keaslian ide atau gagasan, bobot permasalahan, landasan teori, metode penelitian, penulisan hasil penelitian, substansi pembahasan, perumusan kesimpulan dan saran, (2) Penyajian isi tesis secara lisan, (3) Kemampuan menjawab dan mempertahankan isi tesis, dan (4) Sikap dan Penampilan.

SPs 699 Ujian Tesis

Mata kuliah ini merupakan kegiatan akademik untuk menilai naskah tesis, dengan aspek yang dinilai, meliputi; (1) Isi dan Bobot Tesis, mencakup keaslian ide atau gagasan, bobot permasalahan, landasan teori, metode penelitian, penulisan hasil penelitian, substansi pembahasan, perumusan kesimpulan dan saran, (2) Penyajian isi tesis secara lisan, (3) Kemampuan menjawab dan mempertahankan isi tesis, dan (4) Sikap dan Penampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar