Sabtu, 25 Oktober 2008

Massage Untuk Mencegah Decubitus

Peningkatan masalah yang dihadapi oleh pasien-pasien dengan penyakit kronis, pasien yang sangat lemah dan pasien yang lumpuh dalam waktu lama akan beresiko tinggi memunculkan dekubitus pada pasien tersebut yang merupakan penderitaan sekunder yang banyak dialami oleh pasien-pasien yang dirawat di Rumah Sakit. Adapun hal lain yang menunjang dekubitus sebagai penyakit yang harus dicegah perkembangannya yaitu biaya tinggi akibat penyembuhan luka, lamanya waktu hospitalisasi yang akan dilalui oleh pasien, dan yang terburuk adalah pasien meninggal akibat septicemia.
Penelitian menunjukkan bahwa 6,5-9,4 % dari populasi umum orang dewasa dirawat di rumah sakit, menderita paling sedikit satu dekubitus pada setiap kali masuk rumah sakit. Pada populasi pasien lanjut usia yang dirawat di rumah sakit, insidens dekubitus dapat menjadi jauh lebih tinggi. Meskipun pencegahan dan pengobatan dekubitus telah diteliti secara luas lebih dari 30 tahun terakhir ini, hanya terdapat sedikit bukti yang menunjukkan adanya penurunan insiden dekubitus atau adanya suatu perbaikan dalam pengobatannya.
Massage merupakan salah satu faktor yang dapat mencegah dekubitus, akan tetapi belum terbukti pengaruhnya bagi pencegahan penyakit tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar