Rabu, 10 September 2008

mesti diperhatikan

Pada anak, bicara merupakan suatu tahap perkembangan yang sebenarnya telah dimulai sejak masa bayi. Tahap bicara ini justru mesti diperhatikan sedini mungkin, Karena pada tahap ini dapat dijadikan parameter ada atau tidak gangguan perkembangan pada seorang anak. Tahap-tahap perkembangan lain seperti motor kasar-halus, sosialisasi/interaksi tentu saja mempunyai peranan penting dalam menentukan optimal atau tidaknya perkembangan anak.
Teori Piaget, perkembangan anak dalam arti tahap tumbuh kembang adalah berada di usia 2-3 tahun yang dicirikan dengan munculnya kemampuan motorik dan awal dari proses sosialiasi dengan lingkungan. (Mussen, 2001.) Pada usia 2-3 tahun yang merupakan tahap praoperasional. Anak berusaha menguasai simbol-simbol, kata-kata dan mampu mengungkapkan pengalamannya, meskipun tidak logis (pra-logis). Pada saat ini anak bersifat ego centris, melihat sesuatu dari dirinya (perception centration), yaitu melihat sesuatu dari satu ciri, sedangkan ciri lainnya diabaikan. Tahap ini adalah awal dimana anak berinteraksi dengan lingkungan sekitar, objek-objek, dan orang-orang yang dekat dengannya. Penggunaan bahasa disertai ungkapan-ungkapan emosi seperti ekspresi wajah dan sebagainya mulai ditunjukkan pada tahap ini untuk menunjukkan apa yang dikehendaki dan apa yang dirasakan untuk disampaikan kepada orang atau objek yang ada di sekitarnya. Tahap perkembangan komunikasi ini merupakan tahap penting, sebagai permulaan di dalam merangsang kemampuan komunikasi anak di masa besarnya. Stimulus-stimulus yang dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi mutlak diperlukan (Hidayat,2005).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar